Homemade Kwetiau, Cara Terbaik Menyajikan Hidangan Sehat untuk Keluarga

Homemade Kwetiau, Cara Terbaik Menyajikan Hidangan Sehat untuk Keluarga

Untuk Bunda yang pecinta olahan kuliner Chinese food, pasti sudah tidak asing dengan hidangan kwetiau. Yap, sajian yang mengombinasikan mie beras dengan rempah-rempah ini mudah sekali ditemui di pasaran. Meski cukup beken di Indonesia, nyatanya kwetiau justru datang dari Negeri Tirai Bambu, Cina dengan sebutan char kway teow. Masuknya warga Tionghoa di Indonesia pada ratusan tahun yang lalu menjadi awal penyebaran kwetiau bersamaan dengan masakan Cina lainnya.
Pada perkembangannya di Indonesia, olahan kwetiau menyesuaikan dengan kesukaan masyarakat Indonesia. Muncul juga penyajiannya yang berkuah atau disebut kwetiau siram, setelah sebelumnya banyak disajikan dengan cara digoreng. Saat ini, kwetiau lebih banyak disajikan dengan campuran telur, daging ayam suir, sayuran, dan sosis ayam atau sapi.
Waaah.. membayangkan kelezatan kwetiau yang kenyal berpadu dengan bumbu olahannya saja sudah membuat kita menelan ludah, ya Bun? Rasanya ingin segera membeli kwetiau dan langsung memasaknya di rumah untuk keluarga. Namun semakin hari, semakin banyak pedagang kwetiau yang nakal menggunakan zat berbahaya demi menjaga keawetannya. Tentu saja ini sangat merugikan karena berbahaya bagi kesehatan tubuh penikmatnya. Solusinya adalah dengan membuat kwetiau sendiri di rumah. Berikut adalah bahan dan cara untuk membuat Homemade Kwetiau.
Bahan-bahan
  • 125 gram tepung beras
  • 100 gram tapioka
  • 280 cc air (kurang lebih)
  • 1 sdt garam
  • secukupnya minyak agar adonan tidak lengket
Cara Membuat
1. Campur tepung beras, tapioka dan garam.
2. Tuang air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tidak menggumpal.
3. Oles loyang dengan minyak.
4. Tuang adonan 2 sendok sayur. Kukus 10-15 menit. Angkat lalu iris-iris jarak 1 cm. Olesi pisau dengan minyak supaya tidak saling melekat.
Ternyata sangat mudah ya Bun, untuk membuat Homemade Kwetiau. Selain menyiapkan bahan-bahannya dengan takaran yang tepat sesuai resep, Bunda juga memerlukan ketelatenan dalam membuatnya. Kepayahan membuatnya sendiri di rumah, akan sepadan dengan hasilnya, kwetiau yang kenyal namun tidak alot, dan tentu saja terjamin kebersihan dan kesehatannya, siap diolah menjadi berbagai macam sajian favorit Bunda dan keluarga.
Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel